Senin, 23 Juli 2012

EFEK DARI PELAKSANAAN IBADAH PUASA RAMADHAN


 
                EFEK DARI PELAKSANAAN  IBADAH PUASA RAMADHAN

        Segala sesuatu yang dilakukan oleh setiap orang baik pekerjaan itu di nilai  baik atau buruk maka akan menghasilkan dampak, baik berdampak positif ataupun dampak negatif  seperti halnya pada pelaksanaan puasa, maka dampaknya pasti menghasilkan dampak yang positif  karena pekerjaan tersebut adalah pekerjaan ibadah sebagai pengabdian seorang hamba terhadap penciptanya yaitu Allah SWT.    Dan apa yang telah dilakukan oleh seseorang  seperti puasa, maka  ganjaran atau pahalanya akan kembali kepada yang melakukannya. Itulah salah satu dampak positif dari pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan yang telah kita lakukan selama ini.
                Adapun dampak positif yang lain diantaranya adalah :
1.>Membentuk  seseorang untuk  disiplin rohaniyah.
                Ibadah puasa merupakan pengekangan diri dari perbuatan yang membatalkannya. Rahasia untuk melakukannya tergantung pada yang melakukannya. Puasa bukanlah semata-mata amalan yang dilihat orang banyak , karena yang dapat menyaksikan puasa seseorang hanya Allah SWT.sehingga pada hakikatnya puasa adalah amalan bathin yang terbentuk kesabaran semata-mata.
                Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. :”Assshoumu nisfusshobri was shobru nisful iman” yang artinya :”Puasa adalah separuh kesabaran dan kesabaran adalah separuh dari iman”.(HR.Baihaqi).

2.>Pembentukan akhlakul karimah
                Dengan berpuasa setiap manusia di didik untuk berbuat yang baik dan mulia, karena perbuatan yang sifatnya kemungkaran dan maksiat akan dapat membatalkan puasa. Contohnya seperti menggunjing orang lain dapat menghapus pahala puasa , maka dengan berpuasa kita di didik untuk  menjadi orang berakhlak yang lebih baik.
3.>Pengembangan nilai-nilai sosial.
                Sesuatu yang dilakukan dalam melaksanakan ibadah puasa setiap manusia dapat menghargai dan merasakan jerih payah orang lain, mesalnya orang yang fakir dan miskin yang dalam setiap harinya makan dan minum apa adanya  sedangkan kita yang berada diatas ekonomi menengah pada hari atau bulan puasa saat ini kita juga merasakan apa yang telah mereka rasakan, maka dengan  hal ini akan melahirkan persaudaraan dan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik, apa lagi kita dituntut untuk mengeluarkan Zakat fitrah pada waktu bulan puasa sampai dengan malam hari raya Idul Fitri nanti.
4.>Kondisi kejiwaan manusia yang berpuasa akan berpengaruh pada kondisi fisiknya.
                Diwaktu berpuasa setiap muslim di didik untuk mengistirahatkan anggota badannya yang mengelola pencernaan makanan dan akan membentuk anggota badan menjadi terbiasa kuat dan segar kembali. Semoga bermanfaat ....Amien 3X.....Yaa Rabbal alamien.........

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Genialne prace. Nie moge się na nie napatrzeć best education wordpress themes

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.