Minggu, 22 Juli 2012

KEWAJIBAN YANG HARUS DI KERJAKAN DALAM BERPUASA


KEWAJIBAN YANG HARUS DI KERJAKAN DALAM BERPUASA
 
Bagi orang muslim sejati hendaknya mengerjakan rukun Islam yang lima, diantara salah satunya adalah  puasa yang merupakan kewajiban bagi mereka dan merupakan rukun Islam yang ketiga setelah sholat. 
Dan di dalam puasa ada kewajiban-kewajiban/Fardlu (Rukun puasa) yang harus dilakukan yaitu :

11..>  Berniat.
Yang dimaksud niat adalah bersengaja dalam hati dan mengucapkan dengan lisan bahwa sanya  saya besok akan berpuasa di bulan ramadhan fardlu karena Allah. Dan niat tersebut hendaknya di niatkan pada malam harinya yaitu malam sebelumnya (sebelum puasa keesokan harinya). Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya :”Barang siapa yang tidak berniat akan berpuasa pada malam hari sebelum terbit fajar, maka bukanlah ia berpuasa”.(Hadits Riwayat Lima Orang ahli Hadits)
Pengecualian untuk puasa sunnat boleh saja berniat di siang harinya asalkan sebelum “Zawal”(matahari condong ke barat) Karena Nabi pernah melakukan hal itu.
Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya :”Dari Aisyah Rodliallahu anha katanya : Pada suatu hari telah dating ke rumahku Rasulullah SAW. Lalu Beliau bertanya: adakah makanan untuk kita ?”Saya jawab :tidak ada apa-apa”. Beliau lalu berkata: kalau begitu, baiklah sekarang saya berpuasa. Kemudian pada hari yang lain, Beliau datang pula sesampai beliau di rumah lantas kata kami: ada kue (Hisun) diberi orang kepada kita, ya Rasulullah”. Lalu beliau berkata : mana kue itu? sebenarnya saya dari pagi puasa”. Lantas beliau makan kue itu.
 (HR. Jama’ah Ahli hadits kecuali Bukhori) .     
                        
22..>   Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari











Tidak ada komentar: