Minggu, 22 Juli 2012

HAL-HAL YANG DISUNNATKAN DALAM BERPUASA


HAL-HAL YANG DISUNNATKAN DALAM BERPUASA

1.>Menyegerakan berbuka apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari tel;ah terbenam
Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya Dari Sahl bin Sa’ad berkata Rasulullah S:AW.:"Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa”. HR. Bukhori dan Muslim
2.> Berbuka dengan kurma atau makanan yang manis-manis dan beberapa teguk air.
Sebagaimana sabda Rosulull;ah SAW. Yang artinya :”Dari Anas r.a. bahwasanya Nabi SAW.berbuka sebelum sembahyang dengan rutab (kurma tua), kalau tidak ada dengan kurma dengan buah-buahan yang manis,dan kalau tidak ada pula maka beliau berbuka dengan beberapa teguk air.”HR. Tirmidzi.
3.> Berdoa sewaktu berbuka
Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya:”Dari Ibnu Umar r.a bahwasanya Rasulullah SAW. Ketika berbuka puasa beliau berdoa :”Ya Allah karena Engkau aku berpuasa dan dengan rizki pemberian Engkau aku berbuka, dahaga telah hilang,dan urat-urat nadi telah basah dan mudah-mudahan pahala(ganjarannya) ditetapkan”. HR.Daruqutni.
4.> Makan sahur sesudah tengah malam atau sepertiga malam dengan maksud supaya menambah kekuatan berpuasa. sabda Rosulull;ah SAW. Yang artinya :” Dari Anas r.a. bahwasanya Nabi SAW. Telah berkata :”Maskan sahurlah kamu, sesungguhnya makan sahur itu berkat/barokah (m,enguatkan badan menahan lapar karena puasa).”HR. Bukhori Muslim
5.> Menta’khirkan m,akan sahur kira-kira 15 menit sebelum fajar
Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya:”Dari Abu Dzarri r.a Bahwa Rasulullah telah berkata : “Senantiasa ummatku dalam kebaikan selama mereka menta’khirkan sahur dan menyegerakan berbuka”. HR. Ahmad.
6.> Memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang puasa
             Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya:”Barang siapa member makanan untuk ber buka bagi orang yang puasa, maka ia mendapat ganjaran/pahala sebanyak ganjaran/pahalaorang yang puasa itu tidak kurang sedikitpun”.HR. Tirmidzi.
7.> Hendaklah memperbanyak shodaqoh selama bulan Ramadhan
Sabda Rasulullah SAW. Dalam hadits yang artinya:”Dari Anas r.a ditanyakan orang kepada Rasulullah SAW. :”Apaka sedekah yang lebih baik ?”Jawab Rasulullah :”Sedekah yang lebih baik adalah sedekah pada bulan Ramadhan .”HR.Tirmidzi.
8.> Memperbanyak membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya

Tidak ada komentar: