Sabtu, 21 Juli 2012

KEISTIMEWAAN IBADAH PUASA DENGAN IBADAH-IBADAH YANG LAIN


Keistimewaan Ibadah Puasa dengan Ibadah-Ibadah yang lain

Mengapa ibadah puasa lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan nilai ibadah-ibadah yang lain ?
Jawaban dari pertanyaan tersebut diantaranya adalah:

1.Ibadah puasa dilakukan dengan diam-diam tanpa diketahui oleh orang lain,  maka Allah SWT. Sendiri yang akan membalas pahala ibadahnya dengan balasan tanpa perantara siapapun.
            Sebagaimana bunyi dari hadits Rasulullah SAWbahwa Allah SWT. berfirman.: “Kullu amalibni Adama lahu illasshouma fainnahu liy wa ana ajzi bihi”.
YANG  ARTINYA : “Sesungguhnya semua amal ibadah anak adam ialah untuk ia sendiri kecuali ibadah puasayang diamalkan untuk Aku, maka akulah yang akan membalasnya, karena puasa adalah ibadah yang dilakukan diam-diam,tiada terlihat, berbeda dengan ibadah yang lain, maka Tuhan yang mengetahui dan melihat amal itu, Ialah yang akan membalasnya”.
2. Ibadah puasa dilakukan secara rahasia, maka Allahpun akan membalas amal ibadah itu secara rahasia pula. Sebagaimana Sabda Nabi SAW. Yang artinya :”Jika hari qiyamat tiba akan datanglah sekelompok makhluk Tuhan yang bersayap sebagai sayapnya burung beterbangan dan hinggap di tembok-tembok syurga. Bertanyalah pada mereka malaikat juru kuncisyurg, siapakah kamu ?”Kami adalah dari ummat Muhammad.” Sudahkah kamu melihat/mengalami hisab ?” Tanya lagi Si Malaikat”.Tidak, jawab mereka”. Sudahkah kamu melihat shiroth?Tanya SiMalaikat lagi,”Tdak.. kata para mahluk tadi”.maka dengan apa kamu dapat memperoleh pahala dan  sederajat ini ?”Tanya Si Malaikat lagi”. Di jawab oleh para mahluk tadi :”Kita menyembah Allah di dunia secara diam-diam dan dimasukkan syurga di akhirat secara diam-diam pula

Tidak ada komentar: