Sabtu, 21 Juli 2012

PUASA MENJADI FATAL DAN BATAL JIKA.......


Puasa yang dilakukan oleh orang muslim menjadi fatal dan batal jika melakukan hal-hal berikut.

Hal-hal yang dapat membatalkan Puasa antara lain :

1.>Makan dan minum
Sebagaimana firman Allah SWT  dalam Al-Qur’an yang artinya :”Makan dan minumlah kamu sehingga sampai kelihatan benang yang putih dari benang yang hitam, berarti sehingga terbit fajar.”(QS. Al-Baqoroh 187).
            Pengecualian bagi orang yang sedang lupa kemudian ia makan atau minum tanpa dengan disengaja, maka puasanya bisa dilanjutkan tanpa ada niat disengaja sedikitpun. Sebagaimana sabda Rosulull;ah SAW. Yang artinya :”Barang siapa lupa, bahwa ia puasa kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah disempurnakannya puasanya, sesungghnya Allah yang memberi makan dan minum.”(HR. Bukhori dan Muslim).
            Memasukkan sesuatu ke dalam lobang anggota badan walaupun bukan mulut, seperti telinga, hidung dan sebagainya, maka sebagian para Ulama’ mengqiyaskan hal tersebut sama halnya dengan makan dan minum.

2.>Muntah dengan usaha yang disengaja.
Sebagaimana sabda Rosulull;ah SAW. Yang artinya :”Barang siapa terpaksa muntah, tidaklah wajib mengqodlo’(mengganti) puasanya, dan barang siapa yang mengusahakan muntah dengan sengaja, maka hendaklah ia mengqodlo’ (mengganti) puasanya”. (HR. Abu Dawud,Tirmidzi dan Abu Hibban ).

3.>Bersetubuh.
Sebagaimana firman Allah SWT  dalam Al-Qur’an yang artinya :”Dihalalkan  kepada kamu pada malam bulan Ramadhan bercampur dengan istrimu”. (QS. Al-Baqoroh :187).
            Bagi mereka yang terlanjur melakukan persetubuhan di siang bolong, maka batallah puasanya dan wajib bagi mereka untuk membayar kaffarat dengan tiga tingkatan yaitu 1. Harus memerdekakan hamba sahaya, apabila tidak mampu maka harus menempuh tingkatan yang kedua, yaitu : berpuasa 2 bulan berturut-turut.dan apabila tidak mampu maka harus menempuh tingkatan yang ketiga  yaitu : bersedekah dengan makanan ysng mengenyangi kepada 60 fakir miskin setiap orangnya ¾ liter.

4.>Keluar darah haid (kotoran) dan darah nifas bagi perempuan yang baru melahirkan.

5.>Gila. Bagi orang yang awalnya tidak gila kemudian menjadi gila di waktu siang hari pada bulan puasa.

6..>Keluar mani sebab bersentuh dengan perempuan

Tidak ada komentar: