Soal UTS Semester Genap Bahasa dan Sastra Indonesia
SMP Kelas VIII
I. Pilihan Ganda
Waktu menunjukkan pukul 10.30 ketika aku dan
rombongan tiba di danau Sarangan. Suasana agak
ramai karena
kebetulan hari itu hari Minggu. Kulihat banyak juga
rombongan
dari sekolah lain. Memang danau ini sangat indah.
Airnya yang
biru, udaranya sejuk, dan hutan pinus yang hijau
lampu menarik
wisatawan untuk selalu datang ke sini.
1. Paragraf tersebut merupakan ....
a. laporan pertanggungjawaban
b. laporan perjalanan
c. laporan keadaan
d. laporan keuangan
2. Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut
adalah ….
a. Mengapa kedaan danau Sarangan ramai?
b. Di mana letak danau Sarangan?
c. Mengapa air danau tampak biru?
d. Bagaimana danau itu selalu bersih?
3. Penggalan laporan tersebut disusun berdasarkan
….
a. urutan waktu
b. urutan tempat
c. urutan kejadian
d. urutan topik
4. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam
menyampaikan laporan secara lisan, kecuali ....
a. kalimat harus efektif
b. informasi penting harus termuat
c. informasi tidak penting ditulis saja
d. jelas dalam penyampaiannya
5. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam
menanggapi laporan,
kecuali ....
a. berlaku sopan
b. langsung berbicara
c. tidak memaksa
d. tidak ngotot
Uji Kompetensi 103
6. Hal yang tidak perlu diamati jika ingin
memperoleh data
tentang musium dirgantara yaitu ….
a. keadaan luar museum dirgantara
b. keadaan dalam musium dirgantara
c. cara memperoleh benda-benda museum
d. keistimewaan museum dirgantara
7. Salam pembuka surat dinas yang tepat adalah ….
a. salam kasih c. dengan hormat
b. salam hormat d. dengan kasih
8. Penulisan alamat yang tepat adalah ….
a. Yth. Ibu Daniar Surya
SMP Kasih Bunda
b. yth. Ibu daniar surya
smp kasih bunda
c. yth. Ibu Daniar Surya
SMP KASIH BUNDA
d. Ibu Daniar Surya
SMP Kasih Bunda Wamena
9. Hal yang harus diperhatikan dalam membaca denah
adalah ....
a. arah mata angin c. tempat memulai
b. penanda denah d. tempat mengakhiri
10. Bahasa petunjuk yang tepat tedapat dalam
kalimat ….
a. tutup pintu kulkas c. antri satu per satu
b. matikan lampu d. tulis di papan tulis
11. Masa berakhir sebuah produk kemasan dapat
ditulis
seperti ….
a. No. Reg. c. No. Bach.
b. Exp. Date. d. Dosis rendah
12. Polisi telah menetapkan J sebagai tersangka
kasus
pemotongan rel kereta api di Dusun Kramat,
Grobogan,
Jawa Tengah. Tersangka ini juga mengaku ikut
menggergaji rel yang menyebabkan anjloknya KA
Gumarang 12 Agustus silam.
Unsur why (mengapa) dalam wacana tersebut adalah ….
a. J. sebagai tersangka
b. pemotongan rel kereta api
c. ikut menggergaji rel kereta api
d. polisi menetapkan tersangka
Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VIII104
13. Penempatan jeda secara tepat adalah ….
a. Gempa melanda / daerah Sumatra bagian / selatan
//
b. Gempa /
melanda daerah / Sumatra bagian / selatan //
c. Gempa / telah menghancurkan / ratusan rumah dan
bangunan //
d. Gempa telah / menghancurkan / ratusan rumah dan
bangunan //
14. Pembacaan teks berita yang tepat adalah ….
a. Daerah /gempa / rawan / tanah longsor //
b. Daerah gempa / rawan tanah / longsor //
c. Daerah gempa / rawan / tanah longsor //
d. Daerah / gempa / rawan / tanah / longsor //
15. Kalimat sanggahan dalam diskusi antara lain
a. Saudara Tatik ini gimana? Masak seperti itu.
b. Menurut pendapat saya sebaiknya pelaksanaannya
diundur.
c. Ya, udah terserah aja! Kalo hanya gitu.
d. Tak usah emosi, masak ibu begitu marah.
16. Berikut ini tata cara mengajukan usul yang
baik, kecuali ….
a. mengacungkan tangan terlebih dahulu
b. tidak memotong pekerjaan
c. tetap sabar dan tidak ngotot
d. menggebrak meja agar semua diam
17. Berikut ini yang termasuk slogan penerangan
adalah ….
a. Gugur satu tumbuh seribu.
b. Terus terang, terang terus.
c. Habis gelap, terbitlah terang.
d. Suaramu adalah nenekmu.
18. Perhatikan susunan acara berikut!
1) Hiburan 3) Pembukaan
2) Penutup 4) Sambutan kepala SMP
Urutan susunan acara yang tepat adalah ….
a. 3- 4 – 1 – 2 c. 4 – 3 – 2 – 1
b. 3 – 1 – 2 – 4 d. 3 – 4 – 2 – 1
19. Berikut ini yang merupakan kalimat efektif
adalah ....
a. Raihan belajar menari Jawa di ruang tengah.
b. Jangan lupa kembalikan sebelum minggu ini.
c. Aduh, kucing itu lari di mana?
d. Kenapa selalu menundukkan kepala, Tuan?
20. Ruri memang cantik. Jika beliau berjalan semua
mata
memandangnya. Jalannya gemulai, matanya meredup.
Ya,
Ia memang yang berdedikasi tinggi.
Paragraf tersebut termasuk paragraf ….
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. defresi
21. Pasangan kata kajian dan popular yang sesuai
adalah ….
a. konsumsi – pemakai
b. distribusi – agen
c. model – tiruan
d. transparan – maya
22. Berikut ini yang merupakan kalimat pasif
a. Jangan meminum minumanku!
b. Minum itu sebaiknya digunakan.
c. Walau ditertawakan ia tetap tenang.
d. Arman menendang bola di depan.
23. Kalimat dengan kata seru yang tepat adalah ….
a. Cis, bagus sekali bajumu!
b. Nen, lagunya enak sekali?
c. Aduh, genitnya adikmu.
d. Alhamdulillah, kita selamat.
24. Kalimat efektif yang tepat adalah ….
a. Kami dilarang keluar rumah.
b. Doni merangkul pacar barunya.
c. Retno mengelilingi dengan semangat.
d. Kami saling tolong menolong.
25. Berikut ini contoh petunjuk positif, kecuali
….
a. Kocok dahulu sebelum diminum.
b. Simpan di tempat teduh.
c. Dilarang lewat di sini.
d. Tundukkan kepala sejenak.
26. Ibu: “Jadi beginikah balasanmu, anakku?”
“Setelah aku mengandungmu selama 9 bulan.”
Kutipan drama tersebut diucapkan dengan ekspresi ….
a. bahagia
b. sedih
c. marah
d. gelisah
Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VIII106
27. Alun membawa bidukku perlahan
Dalam kesunyian malam waktu
Tidak berpawang tidak berkawan
Entah ke mana aku tak tahu
Puisi di atas menggambarkan ….
a. pelayaran di malam tak berbintang
b. pelayaran tak berawak dan berkawan
c. pelayaran tak bertujuan
d. pelayaran dalam kesunyian
28. Hazil dan guru Isa tertangkap. Mereka berdua
disiksa. Hasil
yang dinilai guru Isa sebagai seorang pemberani
ternyata
sangat lemah. Bebeapa kali saja ditampar Hazil
menyerah
dan mengakui perbuatannya dan menghianati
perjuangan.
Sebaliknya guru Isa, semakin disiksa semakin timbul
keberaniannya. Kekejaman musuh tidak membuat guru
Isa
menjadi lumpuh.
(Mochar Lubis,
Jalan Tak Ada Ujung)
Watak guru Isa adalah ….
a. sabar
b. pengecut
c. berani
d. tabah
29. Coba Matematikakan
Berapa meter kubik hujan yang dicurahkan? Berapa
banyak
udara yang bergerak di dunia?
Adakah mampu matematika menjabarkan karunia dan
anugerah Tuhan?
(Mohammad Prasidha Sirait)
Misi (pesan) puisi di atas adalah ....
a. membangkitkan semangat belajar
b. mempertebal kemurahan Tuhan
c. membangkitkan rasa syukur
d. mempertebal rasa keagamaan
30.Di kampung Ranah, di kota Padang adalah sebuah
rumah kayu, beratapkan seng.Letaknya jauh dari pohon-pohonkayu yang rindang
Jika ditilik perkakas rumah ini dan
susunannya nyatalah rumah ini suatu rumah yang
tidak
dipelihara benar-benar karena sekalian yang ada di
dalamnya
telah tua kotor dan tempatnya tiada dengan baik. Di
serambi
muka hanya ada sebuah lampu gantung macam lama yang
telah berkarat besi-besinya.
Unsur intrinsik yang tampak pada penggalan
roman Siti
Nurbaya di atas adalah ….
a. tema c. perwatakan
b. setting d. alur
II. Uraian
1. Buatlah kalimat dengan kata kajian berikut ini!
a. data
b. formasi
c. moral
2. Carilah contoh sebuah rumah! Tentukan
unsur-unsurnya!
a. Apa?
b. Siapa?
c. Kapan?
d. Di mana?
e. Bagaimana?
3. Buatlah kalimat dengan kata ganti dan kata
keterangan
4. Buatlah
laporan perjalanan ke suatu tempat yang
mengesankan bagimu. Buatlah rinciannya terlebih
dahulu,
berdasarkan rincian tersebut buatlah laporan
perjalanannya!
5. Tentukan pendapatmu pada kalimat berikut ini!
a. Fakta : Setiap hari turun hujan.
Pendapat 1 :
.............................................................
Pendapat 2 :
.......................................................
6. Buatlah sebuah surat dinas dengn deskripsi
berikut ini!
Pengirim : Pembina OSIS SMP 1 Muara Baru
Penerima : Pembina OSIS SM 5 Talangtuo
Isi : Meminjam tenda untuk PERSAMI
7. a. Buatlah poster yang beisi informasi akan
adanya
pameran buku di lapangan Pancasila dalam rangka hari
Pendidikan Nasional!
b. Buatlah slogan yang berhubungan dengan
peringatan
bahaya merokok bagi kesehatan!
8. Tulislah petunjuk tentang hal-hal berikut.
a. penggunaan telepon
b. peminjaman buku
9. Benahilah wacana berikut ini dengan
memperhatikan tanda
baca dan ejaan sesuai EYD!
Bagiku kota ini sangat istimewa hal ini bukan
karena aku
lahir di sana tetapi kota ini memang betul-betul
istimewa.
Memang tidak terlalu besar di banding kota lainnya.
Justru
tidak pernah aku temukan kemacetan. Juga masih
banyak
sekali bangunan-bangunan kuno.
9. Tulislah puisi yang berhubungan dengan keindahan
alam!
Perhatikan deskripsi berikut ini!
Danau itu berair jernih, dan tenang. Ketenangan
yang
menghanyutkan siapa saja yang melihatnya. Di
atasnyabanyak perahu kecil berlalu lalang. Perahu
itu
membawa wisatawan mengelilinginya. Selain itu,
pohon-pohon umara yang menaunginya menambah keasrian dan
keindahan danau itu.
10. Bacalah pantun berikut ini!
Pulau Pandan jauh di tengah
Di balik pulau angsa dua
Hancur badan dikandung tanah
Budi baik dikenang juga
a. Coba tunjukkan penggunaan rimanya!
b. Jelaskan isi pantun tersebut!
11. Si Dul memijit-mijit kepala ibunya. Aduh,
alangkah
panasnya, badannya pun panas pula. Sehari-harian
ibu si
Dul tak keluar. Mpok Amnejatu sakit. Si Dul sangat
susah
hatinya. Sebentar-sebentar ditengoknya ke dalam
bilik. Jika
masih didengarnya mengerang-erang, agak senang rasa
hatinya. Tapi kalau ibunya diam saja, makin
susahlah ia.
Tentukan watak tokoh-tokohnya!
12. Walau hujan
Walau hujan
Aku tetap pergi ke sekolah
Walau hujan
Ibu tetap pergi ke pasar
Walau hujan
Ayah tetap pergi ke sawah
Karena hujan
Adalah rahmat Tuhan
Ubahlah puisi tersebut dalam bahasa prosa!
13. Ibu : (Suaranya lemah) coba ambilkan itu …Nak.
….
(batuk) ibu tidak
kuat rasanya ….
Anak : (memberi obat di sendok) Ini Bu … Tenanglah.
Jangan banyak memikirkan yang lain-lain. Ibu
mesti istirahat.
Ibu : (memandang ke atas) Sudah lama rasanya Ibu
berbaring
begini… Nak. Merepotkan …. (batuk)
padahal kau … kau harus ujian. (Menarik napas)
Heeh … kalau ayahmu masih ada ….
Ubahlah drama tersebut dalam bentuk prosa!
14. Buatlah naskah drama sederhana tentang
kegiatanmu di
sekolah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar