Kamis, 23 Agustus 2012

ARTI MUSIBAH DALAM HIDUP DAN KEHIDUPAN


1.Pengetian Musibah
Musibah mempunyai arti cobaan atau ujian (bagi orang mukmin) juga mempunyai arti bencana atau malapetaka (bagi orang dholim).dan merupakan pelajaran bagi orang-orang yang dapat mengambil pelajaran. Itulah sebuah kehidupan yang sudah merupakan sunnatullah bahwa setiap manusia yang ada di muka bumi ini dalam mengarungi bahhtera kehidupan tak kan terlepas dari dua kemungkinan lulus dan tidak lulus, senang atau susah, miskin atau kaya dan lain sebagainya.
Bila manusia telah diberi ujian hidup dengan penuh kesenangan mungkinkah ia akan lulus dari kesenangan itu ?.................. dan bila manusia diberi ujian hidup dengan penuh kesusahan mungkinkah ia akan lulus dari kesusahan itu ?.............jawabannya tentu ada pada diri kita masing-masing. Dan biasanya manusia sadar bahwa ia di uji apabila ia sedang mengalami musibah kesusahan padahal kesenangan itu juga merupakan ujian bagi kita dalam kehidupan ini. itulah salah satu sifat manusia yang selalu berkeluh kesah dalam mengalami kesusahan (musibah) yang menimpa dirinya.

2.Bentuk Musibah
                Allah berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya :”Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya)”.(QS. Al-Anbiya’ : 35).
                Melihat dari bunyi ayat tersebut diatas ada 2 bentuk musibah  (ujian yang diberikan) oleh Allah kepada kita, yatu ; kebaikan dan keburukan. Kedua-duanya bisa menjadi bencana  apabila kita tidak pandai mewaspadai dan menghadapinya. Sebagai contoh : “ujian yang berupa keburukan ; “ seorang muslim yang faqir/miskin hampir saja terjerumus ke dalam kekufuran (minimal kufur nikmat), kalau dia selalu berkeluh-kesah dan memprotes kepada Tuhannya. Dan lebih dari itu na’udzubillah hingga memperjual belikan harga dirinya karena dia dalam keadaan miskin atau ekonome sebagai alasannya, maka itulah orang yang dimaksud tidak lulus dalam menghadapi ujian dalam hidupnya. Dan balasannya nanti adalah neraka tempat tinggalnya. Namun jika sebaliknya ia sabar dalam menghadapi ujian itu hingga ia lulus dalam menghadapi semua ujian itu, maka balasannya nanti adalah syurga tempat tinggalnya yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang indah melebihi kaindahan duniawi .
                Adapun ujian yang berupa kebaikan mesalnya seseorang yang mempunyai harta kekayaan yang melimpah ruah anak-anaknya kuliah sarjana S1,S2, dan sebagainya namun semua itu merupakan ujian baginya dan bisa saja menjadi bumerang bagi keluarganya sebagaimana firman Allah SWT. Yang artinya :”Sesungguhnya hartamu,  dan danak-anakmu, hanyalah cobaan (bagimu)”. (QS.At-Taghabun :15).

3.Bentuk Musibah yang lain
                Ada juga musibah yang bersifat umum yang dampaknya akan menimpa kepada siapapun yang ada di muka bumi ini baik kaum muslim beriman ataupun orang-orang yang kafir/dholim,mesalnya ada nya pengrusakan penggundulan hutan yang dilakukan orang-orang yang tak bertanggungjawab sehingga terjadi adanya longsor, banjir dan sebagainya sebagaimana firman Allah SWT. Yang artinya : “telah nyata kerusakan di laut dan di darat karena akibat tangan-tangan manusia (yang tak bertanggungjawab).


Tidak ada komentar: