Minggu, 05 Agustus 2012

HUKUM ZAKAT FITRAH BAGI ANAK KECIL DAN ORANG GILA


HUKUM ZAKAT FITRAH BAGI ANAK KECIL DAN ORANG GILA

                Firman Allah SWT. Dalam Al-Qur’an yang artinya :”Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku”.(QS.Al-Baqoroh :43).
                Perintah diatas bersifat umum dan mencakup semua orang tanpa memandang orang baik kecil, dewasa dan sebagainya.
Dan Firman Allah pula dalam Al-Qur’an Yang artinya :”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.(QS.At-Taubah :103).
                Perintah itupun bersifat umum yang mencakup anak kecil dan juga orang dewasa.
Anak-anak kecil, orang gila, lelaki ataupun wanita apabila mereka mempunyai harta keka yaan dan tidak termasuk pada mustahiq, maka mereka diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah. Yang membayar zakatnya adalah wali dari mereka yang diambilkan dari harta  kekayaan mereka (anak-anak dan orang gila itu). Kalau tidak mempunyai harta kekayaan maka ayah mereka yang berkewajiban membayar zakat fitrahnya karena sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang wajib diberi nafkah  olehnya.Begitulah pandangan yang dikemukakan oleh jumhur Ulama’ dari madzhab Hambali, madzhab Syafi’i. madzhab Maliki,Madzhab Hanafi dan madzhab Ja’far i(Al-Bada’ijuz :2, hal :69-70, Al-Fatawa Al-Hindiyah fi fiqh al-Hanafiyahjuz :1, hal:192, Al-Majmu’juz :6, hal :136, Kassyaf al-Qonna’juz :1, hal.473, As-Syarh as-Saghirli ad-dardirwa hashiyah as-shawi juz :1, hal:237 an-Nihayah  hl. 189.)
Sesungguhnya maksud dan tujuan dari pelaksanaan zakat itu diantaranya adalah menutup hajat hidup orang miskin yang diambilkan dari zakat orang-orang kaya sebagai pertanda  syukur kepada Allah dan sebagai upaya penyucian harta kekayaan mereka. Dalam hal ini harta kekayaan anak kecil,perempuan, orang gila juga sangat tepat untuk dijadikan sebagai penutup hajat hidup orang miskin, dan selain itu, harta kekayaan tersebut juga perlu disucikan dengan cara dikeluarkan zakatnya.




Tidak ada komentar: