Minggu, 19 Agustus 2012

KEBIASAAN YANG BAIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


KEBIASAAN YANG BAIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

1.>>KEBIASAAN BERDOA
Do’a artinya: Permohonan seorang hamba terhadap Tuhannya yang diucapkan dengan penuh keyakinan yang seolah-olah melakukan percakapan langsung antara manusia dengan sang Kholiq. Dengan demikian doa adalah amat penting dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana hadits Rasulullah SAW. Yang artinya :”Do’a itu adalah intisari ibadah”. (HR.Bukhori)
Setiap muslim hendaknya selalu berdoa kaepada Allah baik dalam keadaan senang ataupun susah, baik di waktu sholat maupun di luar sholat. Singkat kata bahwa dalam waktu apapun dan dalam keadaan bagaimanapun berdoa hendaknya selalu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.Jika manusia selalu berdo’a niscaya Allah akan mengabulkan. Sebagaimana Firman Allah SWT. :”Ud’uuni astajib lakum”. Yang artinya:”Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu..”(QS. Al-Mukmin :60).
Oleh karena itu kita sebagai hamba Allah yang beriman, hendaklah menyertakan dalam setiap usaha kita dengan berdo’a kepada Allah dengan penuh ikhlas dan tawadlu’ dan disamping itu jangan lupa menyerahkan usaha yang telah kita tempuh dengan penuh tawakkal kepada-Nya sebagaimana firman Allah SWT. Yang artinya:”Berdoalah kepda Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.sesungghnya Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”(QS. Al-A’raf :55).
Dan perlu diketahui pula bahwa dalam berdo’a hendaknya memilih waktu yang mustajabah se perti halnya pada  layanan komunikasi, kalau pada waktu jaringan sibuk kita tidak cepat dilayani oleh operator pusat (Center Communication). Maka pilihlah waktu yang mustajabah yaitu waktu yang yang Allah tidak menolak do’a-doa hambanya di waktu itu Sebagaimana Hadis Nabi SAW. Yang artinya :”Lima malam yang tidak akan ditolak do’a-do’a : 1. Malam permulaan bulan Rajab, 2. Malam pertengahan bulan Sya’ban, 3.Malam jum’at, 4. Malam hari raya Idul Fitri, 5. Malam hari raya Idul Qurban(Idul Adha)”. (HR.Ibnu Asakir dari Abi Umamah).
Jadi marilah kita biasakan berdoa agar terbiasa dan bisa mengamalkannnya dalam kehidupan slim disusehari-hari tanpa menunggu waktu  dalam keadaan melarat, susah-senang ataupun di saat kita dilanda musibah, baik di waktu sholat maupun di luar sholat. Panjatkanlah do’a semampang ada kesempatan tuk memanjatkannya kepada Tuhan Yang Maha kuasa di alam jagat raya ini.

2.>> Biasakan untuk berdzikir dan doa setelah sholat
                Setelah sholat 5 waktu setiap muslim disunnatkan berdzikir dan berdoa yang artinya mengingat dan memuji kepada Allah agar senantiasa kita selalu berada di bawah lindungan-Nya dan selalu mendapatkan rahmat dan hidayah-Nya.
                Adapun tata cara berdzikir dan do’a setelah sholat antara lain :
-membaca istighfar minimal 3x
-Membaca tasbih 33x
-membaca hamdalah 33x
-Membaca takbir 33x
-sholawat 100x
-membaca kalimat tahlil 100x
Lalu berdo’a memohon kepada Allah sesuai dengan keinginannya.

3.>> Biasakan berdo’a sebelum dan sesudah makan
4.>> Biasakan berdo’a sebelum dan sesudah tidur
5.>> Biasakan berdo’a sebelum dan sesudah belajar
6.>> Biasakan berdo’a ketika bercermin.
7.>> Biasakan berdo’a ketika angin kencang
8.>> Biasakan berdo’a sebelum dan sesudah bepergian








Tidak ada komentar: